Friday, April 5, 2019

Cerita Sidang Tugas Akhir

Abdian
Malam sabtu yang sepi dengan keadaan cuaca sedikit tidak bersahabat untuk orang ke luar rumah.

Sepertinya ini postingan pertama saya di tahun 2019. Saya baru teringat blog ini saya buat pada tahun 2012 dan wow saya sudah bertahan ngeblog selama 7 tahun (walaupun pertama ngeblog tahun 2009).


Beberapa hari yang lalu adalah salah satu momen yang indah bagi saya. Hari selasa kemarin tanggal 2 April 2019 pukul 09.00 di ruang sidang lantai 2 Jurusan Teknik Elektro, saya sudah melaksanakan sidang tugas akhir. Betapa momen yang sangat berkesan bagi saya karena pada saat itu saya mendapat gelar dan masa perkuliahan saya akan berakhir. Saya bilang tanggal, waktu dan tempatnya secara jelas agar saya dimasa depan tetap mengingat masa dimana saya melaksanakan sidang tugas akhir.

Beberapa hari sebelum sidang tugas akhir saya sangat tidak tenang. Terlebih untuk mendapatkan Acc sidang dari pembimbing cukup memberikan waktu sejak saya melaksanakan seminar hasil. Oh ya, di jurusan kami ada 3 tahap, dimana pertama melaksanakan seminar proposal, seminar hasil, kemudian sidang. Sempro dan semhas tidak diperbolehkan orang lain untuk menonton namun sidang boleh orang untuk menonton dalam ruangan. Setelah mendapatkan Acc tanggal 26 maret akhirnya saya mendaftar ke jurusan dan besoknya jadwal sidang keluar. Lalu setelah itu saya bisa tenang? oh tentuk tidak semudah itu. Entah kenapa saya pusing yang bahkan saya tidak tau penyebabya. Tapi sepertinya saya cemas untuk menghadapi hari H.

Sampai tibalah hari pelaksanaan sidang. Jujur presentasi saya sangat kacau, berbeda sekali saat saya melakukan seminar hasil. Entah itu faktor saya gugup karena dilihat teman-teman atau apa tapi ketika saya presentasi saya banyak bergumam "eh" dan bahkan kata teman saya sempat ketawa sedikit saat menjelaskan. Tentu itu pengalaman yang sangat tidak enak untuk diingat. Bahkan saat sesi tanya jawab, Pak ing yang memuji saat seminar hasil memberikan komentar yang sangat tidak mengenakkan ketika sidang. Ketika beliau mengatakan tugas akhir saya ini salah, seketika pikiran saya blank entah kemana dan saya tak mampu menjelaskannya. Namun ketika saya keluar untuk menunggu hasil sidang yang hanya tinggal pembimbing dan 2 penguji di dalam ruangan. Pembimbing saya, Pak Rahmadi, menjelaskan ke pak ing (penguji) mengenai data TA saya dan barulah beliau merasa terjawab. Saya bersyukur pembimbing saya membela saya walaupun tidak dalam masa tanya jawab bahwa Tugas akhir yang saya lakukan ini sudah benar. Entahlah, padahal ketika seminar hasil saya sangat tenang dalam membawakan presentasi maupun menjawab pertanyaan, sangat berbeda ketika saat sidang tugas akhir.


Saya juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang sudah hadir dalam ruangan, waktu itu ada Ade, Yayat, Agus, Kalputra, dan Pepi. Kemudian setelah selesai datang seseorang yang spesial bagi saya tentunya, Febrina. Hey terima kasih karangan bunga mawarnya yang sudah dirangkai semalaman. Bagus banget loh. Saya juga mendapat hadiah kemeja baru dari Febrina, hahah saya yakin dia membelikannya karena baju yang saya pakai itu-itu aja. Ya bagaimana lagi, baju yang saya pakai semuanya anti kusut walaupun cuma itu-itu aja :v


Sebelum postingan ini dibuat saya sebelumnya sudah berencana membuat postingan ketika saya umroh bersama keluarga. Namun baru berupa draft saja yang belum sempat saya selesaikan. Baik ditunggu ea.

About the Author

Abdian / Author & Editor

Selamat datang di Catatan Kecilku. Nama saya Abdian Hadi Pasmai - Saya berasal dari Bengkulu. Blog ini adalah tempat saya bercerita mengenai apa yang saya alami. Enjoy it! .

0 komentar:

Post a Comment