Aku Sang Beruntung

Thursday, June 22, 2017

Pos terakhir yang aku buat ternyata sudah dari bulang desember tahun lalu. Cukup lama ya karena memang jarang dibuka. Emang diakui semester 6 ini semester tersibuk dari semua semester yang saya alami (hahah sok sibuk ya). Tapi tidak apa , semoga kesibukan itu bisa membuat aku menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Dua hari yang lalu aku sedikit terkejut membaca sebuah pesan line yang masuk ketika baru saja bangun dari tidur. Chat itu dari teman labor saya yang juga mensubmit mengenai program creadit earning, yaitu sebuah program excachange student yang 'harusnya' durasinya long visit. Betapa kagetnya ketika melihat ada nama kami berdua menghias disalah satu daftar nama di tabel tersebut. ya, Alhamdulillah oktober nanti kami akan berangkat dalam rangka penelitian di gifu university jepang. Ternyata info tersebut didapat dari situs unand mengenai pengumuman program tersebut. untuk linknya dapat dilihat disini



Jika teman-teman lihat dari judul postingan ini, terdapat kata beruntung. yap benar. Bagiku, apa yang didapatkan ini seperti sebuah keberuntungan. kenapa begitu? dari segi akademik aku tidak begitu menonjol. IPK saja tidak tinggi-tinggi amat kayak teman yang lain (alhamdulillah masih 3). bahkan dari teman labor saja aku yang terendah :v tapi yang pertama bukan karena itu. Dulu kami berdelepan mempunyai kesempatan yang sama. Kepala labor kami yang proaktif ini sangat ngebet ingin mengirimkan mahasiswanya ke jepang melalui rekomendasi yang beliau dapatkan (LoA namanya). Hal pertama yang harus kami siapkan yaitu persiapkan nilai TOEFL kami minimal 500. Dan syukur alhamdulillah nilai itu tercapai. namun dari kami berdelapan yang mencapai hanya dua orang saja. Bahkan dosen kami (kepaa labor) ngotot pokoknya harus 500. dengan cara apa? belajar lagi terus tes toefl lagi. untuk sekedar informasi untuk tes prediksi saja sudah 3 kali mungkin yang saya ikuti. untuk toefl ITP dua kali, karena yang pertama hasilnya hampir mencapai target :v

Terima kasih BEM FT UNAND
Tidak cukup mempersiapkan nilai toefl juga. Riset proposal juga saya siapkan. karena dosen metopel/metlit/metolit saya bukan kepala labor saya (namun masih tetap dosen labor), saya bolak balik diskusi mengenai topik. bahkan ada suatu hari puncak deadlinenya saya stres berat karena topik ini lumayan berat (alatnya di unand belum ada) sampai saya tidak tidur semalaman (bolak balik baca paper). Belum lagi pengalaman dalam mengurus paspor di imigrasi kota padang yang baru bisa pada hari ketiga mencoba. Pada hari ketiga saja mengantri dari jam 5 dan baru selesai jam 3 sore. lumayan lama sih tapi worth it.

Oh ya keasyikan cerita kan. untuk program exchange student ini ada 2 tipe, yaitu yang namanya student mobility dan creadit earning. untuk student mobility disebut short visit karena kunjungan untuk melakukan peneilitan di tempat tujuan hanya maksimal 1 bulan. untuk creadit earning yaitu long visitnya, bahkan bisa dibilang satu semester (tapi kami tidak). Perbedaan keduanya yaitu pada tipe programnya creadit earning menerapkan sistem sks yang akan diterapkan disana dan akan disetarakan ke kampus asal, sementara student mobility hanya bersifat kunjungan sikat untuk melakukan penelitian tanpa mengambil sks untuk belajar disana. Kesamaannya yaitu sama-sama melakukan riset.

Oh ya ngomong-ngomong ini posting pertama saya setelah vakum cukup lama ya. mumpung lagi libur, bisa santai ngetik dikamar pribadi kan sambil dengerin live musik eaaa. tapi benaran sih, semester 6 ini semester tersibuk saya dan saya akui itu. awal tahun saja di akhir semester 5 kami sibuk membuat proposal untuk diajukan ke dikti mengenai kontes robot indonesia. kami mengirim 3 proposal untuk 3 mata lomba dan saya 'dulunya' ketua tim robot tari (dibilang dulunya karena tidak lanjut karena keterbatasan dana :D). pembuatan proposalnya memakan waktu libur kami bahkan kami libur dirumah hanya 1 minggu saja. kemudian melaksanakan OR dan diterimalah 4 orang anggota baru. Praktikum mikro dan saya mendapat job admin blog lagi (lagi :D). Dan yang sibuknya yaitu PKM. ya aku ikut PKM dan itu tim labor, semua anggota tim dari labor kami.

PKM kami cukup unik. kenapa gitu? ya karena kami mengangkat PKM-T atau PKM Teknologi. ya bidang pkm yang jarang diminati oleh mahasiswa hahah. untuk tingkat unand saja, yang mensubmit proposal PKM-T hanya beberapa saja dan yang lolos untuk didanai hanya tim kami sendiri. Saat ini sendiri sedang sibuk-sibuknya mempersiapkan untuk monev eksternal di awal bulan juli nanti. kalian tahu apa artinya? makassar semakin dekaat bung. ya PIMNAS tahun ini akan digelar di Makassar. Namun kami akan pergi kesana jika lulus di monev eksternal ini. doakan saja yang terbaik.amin.

Gak gabung foto karena udah pulang :') padahal masuk situs unand....

mungkin cukup sekian cerita kita kali ini. maafkan saya blog, yang hampir melupakanmu, yang lebih asyik membuka blog labor daripada blog pribadi sendiri. Dan ssemoga saya semakin aktif lagi dalam memposting hehehe. sampai jumpa

You Might Also Like

1 komentar

  1. Waeee, keren :D
    Kapan berangkatny ab? oleh oleeeh haha
    Jangan lupa update blog ya, aih keren nian ke jepang eee

    ReplyDelete

Followers

My Photo