Book, Journey, Life!

Minggu, Juli 17, 2016

Membaca memang seperti sesuatu yang adiktif, yang apabila engkau telah menyukainya, kau akan tenggelam dalam lamunan paragraf sastra. 

Kalimat diatas hanyalah sebagian kecil yang menggambarkan keindahan membaca. Kebetulan saya memang suka membaca. sedari kecil saya suka membaca komik dan juga cerpen anak-anak di surat kabar lokal mingguan. 




Baru-baru ini saya menamatkan buku ke-empat saya yang saya baca sampai TAMAT tahun ini. ya, dikatakan begitu karena saya banyak membaca buku tetapi terkadang berhenti di setengah buku ataupun sepertiganya. seperti buku Bumi Manusia karangan pak Pramoedya Ananta Toer yang baru saya baca sepertiganya (200 dari 500an halaman). Hal tersebut terjadi karena banyak faktor, seperti kesibukan yang membuat lupa bahwa buku itu sedang saya baca. dan bisa juga karena faktor lain yang tidak bisa kita duga sebelumnya. Buku yang baru saya tamatkan itu berjudul Rudy : Kisah Mudah sang Visioner.

Baru sepertiga bacanya -.-


Buku Rudy ini menceritakan tentang kisah bapak B.J Habibie dimasa mudanya, yang mana beliau adalah seorang insinyur pesawat terbang dan juga mantan presiden Republik Indonesia yang ke-tiga. Di buku ini menceritakan dari masa beliau kecil sampai dengan menikahnya beliau dengan ibu Ainun. dan juga cerita di buku ini terasa lengkap karena disuguhkan dengan gambar-gambar jadul mengenai kehidupan beliau.

Cerita yang disuguhkan dari buku itu memang memberikan banyak inspirasi untuk melakukan kehidupan. terlebih tokoh ini sampai sekarang masih sehat dan sering menghadiri acara-acara televisi ataupun seminar lainnya. Tokoh terkenal memang menjadi inspirasi buat kita yang butuh motivasi. dan buku ini cocok untuk kita mendapatkannya.

Disini saya tidak akan mereview buku ini karena memang bukan tujuan saya. tapi hanya akan mengulas sedikit mengenai gaya penulisan si penulis buku ini. jadi buku ini ditulis oleh Gina S. Noer, yang katanya dalam biografi singkat merupakan penulis skenario layar lebar, yang juga menulis skenario untuk film habibe & Ainun. Buku ini ternyata juga menjadi inspirasi dalam pembuatan Film Habibie & Ainun yang kedua atau dengan judul aslinya Rudy.

Gaya penulisan buku ini terlihat asyik dan sederhana. walaupun dengan ukuran buku yang cukup besar dari biasanya yakni 10,75 inch tetapi tidak membuat bosan dalam membacanya. ya, bahasanya memang sederhana sehingga tidak membuat pembaca merasa bosan ketika membaca. Dikatakan demikian karena saya sering menemukan bacaan dengan bahasa yang agak berat. Berat disini diartikan tidak menggunakan bahasa sederhana sehingga membutuhkan pemahaman dalam mengartikannya. sebut saja serial novel kesukaan saya yakni Sherlock Holmes yang mempunya ciri seperti itu. namun berbeda dengan karyanya si arthur conan doyle ini, karya Agatha Christie dengan sama-sama mengusung tema detektif tetapi bahasa yang diberika lebih sederhana  dan mudah dimengerti (pendapat saya ya, karena saya sudah membacanya dan membandingkannya). Ditambah lagi buku saya baru saya dapatkan ini. buku lama yang sering didengar dipelajaran ips/sejarah ketika menyangkut masalah tanam paksa pada zaman Belanda dulu, yakni buku Max Havelaar karya multatuli atau eduard dowes dekker. Entah karena faktor terjemahan atau apa tetapi buku ini awal-awalnya memang bahasanya berat yang mebuat pembaca susah mengerti apa yang dimaksud oleh di penulis ini.

Berat nih buku

"Gua suka baca buku, tapi gua sadar kalo baca buku itu makan banyak waktu. Sementara hidup gua singkat dan waktu gua juga sangat terbatas.. Jadi gua gak mau ngabisin waktu gua berhari-hari buat baca buku yang gak jelas. Gua harus seleksi banget bahan bacaan gua yang bener-bener layak untuk dibaca" - Glenn


Kutipan diatas sepertinya benar juga. Memang membaca buku smapai selesai itu sangat memakan waktu. saya menamatkan buku Rudy ini selama 11 hari pada masa libur (ya waktu segitu karena ada lebaran kemarin dan juga tidak membaca setiap hari). Ada yang ekstrim dulu ketika saya menamatkan satu novel agatha Christie dalam 2 hari saja, ya 2 hari dan dalam masa UTS (jangan ditiru)

You Might Also Like

0 komentar

Pengikut

My Photo