Potensi Pariwisata Bengkulu

Thursday, February 04, 2016

Bengkulu merupakan sebuah provinsi yang terletak di bagian Barat Daya Pulau Sumatera yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia dengan garis pantai sepanjang 525 km. Sebagian wilayahnya merupakan daerah yang berbukit-bukit yang merupakan bagian dari bukit barisan yang membentang di sepanjang Pulau Sumatera. Ibukota dari Pronvinsi Bengkulu yaitu Kota Bengkulu.

Pantai Panjang gan...
Salah satu potensi yang dimiliki Provinsi Bengkulu yakni di bidang pariwisata. Terdapat banyak objek wisata yang terdapat di Bengkulu dengan beragam pilihan, baik itu yang sudah tersedia dari alam maupun peninggalan sejarah buatan manusia. Objek wisata saat ini sudah menjadi perhatian Pemerintah Provinsi maupun ketingkat kota dan kabupaten. Salah satu bentuk nyata keseriusan pemerintah dalam mengembangkan potensi ini yakni dapat dilihat pada tahun 2010 ketika berlangsungnya MTQ Nasional di Bengkulu, Gubernur Bengkulu pada saat itu membuat slogan “Indahnya MTQN XXIII Indahnya Pantai Panjang” yang jika dilihat sebenarnya tidak ada hubungan yang berarti. Tetapi dengan demikian, pemerintah berhasil memperkenalkan pariwisata provinsi ke kancah nasional melalui slogan tersebut. Terlepas dari ketidak tahuan pendatang bahwa Pantai Panjang ini adalah pantai terpanjang di Indonesia.

Pantai Panjang sendiri adalah sebuah nama untuk pantai yang berada di Provinsi Bengkulu tepatnya berada di Kota Bengkulu. Dengan garis pantai sepanjang 7 km tanpa putus dan juga memiliki jarak titik pasang surut yang lumayan jauh, yaitu 500 meter. Hal ini tentu membuat pantai ini lebih indah saat surut karena hamparan pasir putihnya jadi semakin luas. Kelebihan Pantai Panjang ini disekitar pantai dihiasi pasir putih halus tanpa kerikil dan bebatuan kecil lainnya yang mengganggu pijakan kaki. Ditambah lagi pemandangan indah terhampar luas dengan angin laut yang cukup kuat dan juga tidak jauh dari bibir pantai terdapat jogging track yang membuat olahraga lari semakin nyaman. Hal inilah yang menjadi alasan Pantai Panjang sebagai primadona masyarakat sekitar untuk menghabiskan waktu sore mereka, seperti bermain bola, bermain air, atau hanya sekedar melihat matahari terbenam.
jogging tracknya, dulu saya sering lari disini sambil melihat sunset

Situs pariwisata lainnya yang menarik untuk dikunjungi yakni Benteng Marlborough. Benteng ini merupakan peninggalan Inggris yang terdapat di Kota Bengkulu yang didirikan oleh East India Company (EIC) pada tahun 1713-1719 di bawah pimpinan gubernur Joseph Callet sebagai benteng pertahanan Inggris. Benteng ini mempunyai bentuk seperti kura-kura dengan dindingnya dibuat miring, konon alasannya dibuat demikian untuk menampakkan kesan keberadaan bangsa yang besar dan jaya pada masa itu. Benteng ini juga merupakan yang terbesar kedua di Asia setelah di India dan juga merupakan peninggalan Inggris terbesar di Indonesia. Dengan memiliki bentuk benteng yang masih utuh dan menghadap ke Samudera Hindia, tak heran jika benteng ini menjadi salah satu objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.




Objek wisata yang tak kalah menariknya untuk dikunjungi dengan tetap bearoma sejarah yakni rumah pengasingan Bung Karno. Ditempat ini sang proklamator Indonesia sempat tinggal selama 4 tahun yakni pada tahun 1938-1942 setelah menjadi tahanan politik oleh pemerintah kolonial Belanda. Dengan pengasingan itu kemudian Bung Karno bertemu dengan Fatmawati, putri seorang tokoh Muhammadiyah Bengkulu yang kemudian dipersuntingnya menjadi istri. Rumah yang dulu sempat dihuni oleh Bung Karno kini telah menjadi museum bersejarah yang setidaknya terdapat barang-barang peninggalan Bung Karno seperti buku, foto, lukisan, sepeda, dan tempat tidur. Dan juga dalam masa pengasingan itu Bung Karno sempat membangun sebuah masjid dengan desainnya sendiri yang diberi nama Masjid Jamik. Meski sudah direnovasi beberapa kali, namun bentuk arsitektur awalnya masih tetap terjaga.



Demikianlah beberapa potensi pariwisata di Bengkulu. Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata yang menarik seperti Pantai Linau di Kabupaten Kaur yang pasir pantainya sangat putih dan air lautnya biru dan tenang, dan juga peninggalan sejarah lainnya. Namun untuk saat ini saya cukupkan sampai disini saja. Semoga keindahan alam ini tidak hancur oleh tangan jahil wisatawan yang datang, maka dari itu mari bersama-sama menjadi kita wisatawan yang cerdas lagi mencerdaskan.

Tulisan ini saya buat sebagai salah satu penugasan anggota OR UKM Penalaran

You Might Also Like

0 komentar

My Photo