Wednesday, December 14, 2016

Aku yang [sok] sibuk

Abdian
postingan terakhir sebelum ini saya hapus ya karena memang gak cocok dengan konten blog ini. lagian juga di pos karena hanya memenuhi permintaan stranger, yang tak tau itu siapa dan asalnya darimana. emang terlalu baik saya ya :D

kesibukan yang datang menghujani ini seolah membuat saya sedikit sombong. saya yang biasanya menelpon rumah setiap 1 kali seminggu (biasanya tiap 5 hari), malah jadi molor walaupun tetap menelpon memberi kabar ya. banyak kegiatan yang dilalui yang membuat banyak hal-hal yang biasanya saya geluti jadi terjauhi. blog ini juga contohnya. saya lebih fokus mengurus akun blog dengan tab penyamaran itu pada browser. sebenarnya sering juga dibuka, tetapi hanya dibuka saja, tanpa tindak lanjut mau ngapain. entah sekedar update biasa ataupun mengecek newsfeed blog.

Buku yang sudah saya ingin baca kini telah terbaris rapi diatas meja itu. padahal sudah ada buku yang ingin saya tamatkan sekalian melengkapi targetan bacaan buku tahun ini. oh ya saya tahun ini menargetkan 10 buku yang akan saya tamatkan dan sampai sekarang baru tercapai 8 buku dan tahun ini tinggal tersisa sedikit lagi. ah sedikit sedih mendengarnya, ya karena saya banyak baca tetapi terkadang tersendat ditengah-tengah dan akhirnya tidak saya lanjutkan karena beberapa hal. tapi targetan itu tetap harus diselesaikan sembari berharap mendapat waktu senggang di masa uas nanti. (sekarang kami lagi minggu tenang, katanya)

Mungkin dengan kesibukan seperti ini bisa membuat saya mengerti arti dari menjadi seorang mahasiswa. ya memang, saat ini saya cuma menyandang 2 buah baju kerja saja. tetapi walau demikian, saya bangga menjadi bagian dari mereka. saya bilang cuma karena saya dulu maunya 3 wkwkwk. untuk gambaran saja, beberapa minggu ini saja disibukkan dengan persiapan syukuran wisudawan himpunan, pengabdian masyarakat, presentasi robotik jumat nanti, dan yang wow nya kuliah pengganti 3 sks di semester ini yang hampir tidak pernah kuliah, yang diganti hanya dalam 4 pertemuan saja yang termasuk materi, quiz, mid, dan presentasi. wow. belum lagi syukuran wisudawan dan acara pengmas yang berdempetan. hari sabtu sore sampai tengah malamnya acara syukuran wisudawan (saat itu saya pulang jam 1 malam) yang nantinya harus siap2 untuk pergi paginya lagi. tapi eits, saya gak ngeluh ya wkwkwk disini cuma menggambarkan saja betapa sok sibuknya diri ini.

Dan untuk keluarga di rumah. betapa rindunya saya dengan kalian saat ini. sebenarnya ingin pulang cepat setelah uas berakhir. namun ada sedikit tanggung jawab yang mungkin harus didesak. Tapi tidak, saya tidak ingin mengganggu Q time saya dengan kalian. semoga mereka mengerti bahwa itu bisa ditunda hingga semester selanjutnya.

postingan ini masuk di draft blog saya selama seminggu lebih. bahkan untuk mengepos ini saja saya lupa. hmm

Sunday, November 6, 2016

Sisa Cerita dari Maninjau

Abdian
Hari minggu ini terasa lebih ringan dari hari hari kemarin. Selama 3 minggu lebih ini merampungkan tugas praktikum dan menyiapkan segala keperluannya. oh ya kali ini kami mengawas praktikum mikroprosesor dan mikrokontroller dengan sistem yang baru. sebelumnya kami yang baru ini sudah ikut juga mengawas praktikum di praktikum mikro bulan maret dan april lalu untuk angkatan 13 serta yang mengulang. namun dengan sistem yang baru ini terasa lebih sibuk karena menambahkan 2 mikrokontroller yang baru dan yang pastinya karena BLOG. hmm

"lah kau kan emang blogger bro?" ya emang. tapi untuk merampungkan tampilan serta tugas dan revisi yang datang bertubi-tubi membuat saya sedikit stress selama 4 minggu ini. bahkan ada sekitar 2 mingguan saya kurang tidur karena baru sempat mengerjakannya dimalam hari. ya kesibukan di siang hari kadang tidak mau ditolerir. oh ya di labor, saya menjabat sebagai koor infokom dengan rekan saya dicky. dan untuk web memang pj saya. untuk website labor kami bisa dilihat disini www.laboreldi.id.

sebenarnya gak susah loh. cuma ribet dan banyak. kebetulan waktu pertama kali diminta oleh pak darwison selaku pj praktikum untuk membenarkan blog sehingga dapat dipakai untuk praktikum. saya mengiyakan apa yang benar-benar terbayang sama saya bentuk webnya. jadi sekiranya diminta yang gak mungkin langsung saya tolak dan saya kasih opsi lain yang lebih logis dan mudah untuk saya membuatnya. Dan syukurlah beberapa kondisi beliau mengerti. dan yang membuat lama pengerjaannya juga karena banyaknya revisi dan perubahan mendadak. ya usut punya usut memang salah di kami juga (walaupun ga semuanya :p)

banyak cerita terlewatkan 3 minggu ini. yang seharusnya sudah niat untuk nulis namun urung karena kecapean dan keasyikan mengutak atik web labor itu. seperti tanggal 22 oktober kemarin kami sempat survei lapangan untuk melihat kondisi budidaya benih ikan di Danau Maninjau. kami pergi menggunakan motor dengan bermodal google map sebagai penunjuk arah. total perjalanan kami sekitar 7 jam pp, awalnya kami sempat berpikir menuju kesana tidaklah jauh, bahkan berekspektasi jika pergi pagi benar maka sebelum zuhur akan sampai padang lagi. ternyata kemarin kami pergi jam 9 pagi, sampai di padang lagi jam 9 malam.


Tuesday, October 18, 2016

Ephemera & Teka-Teki Rasa Done. Lanjut!!!

Abdian


Setelah melewati hari yang panjang. Dengan setumpuk aktivitas yang padat merayap. Akhirnya berhasil juga menamatkan 2 buku yang sudah ditunggu jauh-jauh hari. Buku ephemera dan teka-teki rasa karya ahimsa azaleav.

Kalau untuk ephemera sendiri, bukunya itu terdiri dari kumpulan cerita pendek yang dikemas menjadi 1 buku. Namun ketika menjelang akhir buku. Terdapat beberapa bab cerita yang berhubungan. Cerita-cerita didalamnya saya suka. Ketika saya membacanya, tidak terasa lama dan berapa halaman yang sudah saya baca karena memang larut dalam ceritanya. Cerita yang disuguhkan juga menarik. Sederhana namun bermakna. Banyak pelajaran yang bisa diambil. Misalnya saja dari judulnya, ephemera, yang berarti sesuatu yang bersifat sementara. Ya sementara. Seperti jatuh cinta dan patah yang tertulis dihalaman setelah cover. Karena jatuh cinta dan patah hati hanya sementara. Bukankah ada yang dengan mudahnya membolak-balikan hati manusia?

Dan buku keduanya. Baru saya tamatkan kemarin malam. Kali ini dalam bentuk novel. Ya novel Teka-Teki Rasa.

Novel ini menceritakan tentang kisah hafiz dan hasna. Diceritakan mereka dulunya adalah teman satu SMA. Konsep dari penceritaannya cukup menarik. Dimana setiap bab yang berbeda selalu bercerita melalui sudut pandang hafiz dan juga hasna.

Hafiz dan Hasna dulunya satu sekolah, satu kelas. Tetapi mereka berpisah ketika lulus sma. Tanpa kabar, terpisah dalam waktu yang cukup lama, larut dalam pendidikannya. Walaupun demikian bukan berarti mereka pacaran atau yang sebagainya. Keduanya saling menyimpan rasa tanpa mengungkapkan apa yang terpendam. Keduanya hanya bisa menerka-nerka saja.

Buku ini sukses membuat saya kebawa perasaan saat membacanya. Heheh (serius, jangan ketawa) gaya penulisan dari kak himsa ini juga saya suka. Kalimatnya ringan dan juga indah. Bukan Cuma untuk teka-teka rasa saja. Ephemera juga.

Dan sepertinya saya mulai suka baca buku yang tipe beginian. Dan ternyata masih ada waiting list buku yang akan saya baca. Yakni ‘senja, hujan, dan cerita’ dari boy chandra (saya beli ini karena suka covernya. Tanpa meilhat sinopsis ataupun siapa penulisnya), dilan yang kedua (ini buku gak tamat2 sama saya. Hahah), daan yang terakhir sastra klasik dari pak Pramoedya Ananta Toer yang berjudul Arus Balik. Ya belum lagi saya berencana melengkapi koleksi tetralogi buru yang mana baru seria 1 bumi manusia yang sudah saya baca. Ah namun dengan kesibukan yang sekarang, waktu untuk membaca agak kurang tersedia. Belum lagi kalo sudah capek, biasanya agak kurang mood untuk membaca.

***
Postingan ini saya tulis sebelumnya di word. Dan untuk yang mengomen perhatikan huruf besar awal kalimat. Tu, sudah diperhatikan. Dibantu sama microsoft word. wkwkwk

tambahan:
wuow wuow wuow. postingan ini menobatkan tahun 2016 merupakan tahun paling aktif saya dalam blogging selama 5 tahun belakangan ini. dengan postingan ini, 2016 menjadi tahun denga postingan terbanyak saya.

Tuesday, October 11, 2016

Liburan Ceria Eldi's Team

Abdian
2 harian ini selalu terbangun tengah malam sekitar jam 1 an. entah apa penyebabnya. padahal kalo dipikir-pikir ini badan capek dan lagi butuh istirahat lebih. belum lagi suasana hidung yang gak bersahabat yang menunjukkan tanda-tanda akan kambuhnya.


Friday, October 7, 2016

Manusia

Abdian
tetaplah menjadi bintang di langit
agar cinta kita kan abadi
biarlah sinarmu tetap menyinari alam ini
agar menjadi saksi cinta kita
berdua

lagu dari grup band itu terputar di playlist saya secara acak. itu lagu lama yang baru saja saya download kembali. entah kenapa akhir-akhir ini saya sering mendengarkan lagu lama yang tentunya memang bagus dan enak untuk didengerin.


manusia. saya, kamu, dan mereka adalah manusia. sebuah makhluk ciptaan Allah yang sempurna. sampai-sampai membuat iri makhluk ciptaan-Nya yang lain. hal itu dibuktikan dengan kisah iblis yang iri dengan mengatakan bahwa dia lebih baik dari adam didepan Allah. bahkan sampai menolak untuk menuruti perintah-Nya untuk bersujud kepada nabi Adam.

manusia. manusia itu unik. dari sekian milyar manusia yang pernah hidup di muka bumi, tak satupun yang persis sama. ya begitu sempurnanya Allah menciptakan manusia ini dengan keberagaman dan keunikan yang dimiliki oleh setiap insan manusia.

manusia. manusia itu spesial. dia punya akal dan nafsu. yang membuat dia seimbang. bayangkan jika manusia tak berakal, dia akan seperti hewan. mencari makan kesana kemari sesuai nalurinya. atau jika tak punya nafsu. seperti malaikat yang hanya tunduk kepada perintah-Nya. tidak mau makan, tidur, atau pun keinginan yang lainnya.

manusia. manusia itu istimewa. istmewa diantara makhluk yang lain. dicoba dengan segala godaan duniawi. diuji sesuai dengan tingkat kemampuannya. apabila manusia sudah lolos ujian tersebut, maka bumi dan segala isinya akan iri kepadanya. namun apabila jatuh kedalam jurang kesesatan. maka ia lebih rendah dari segala makhluk lainnya.

tapi manusia itu kotor. kotor akan nafsunya. kotor akan dosanya.

ya seperti itulah manusia. namun itu hanyalah secara umum saja. manusia mempunyai sifatnya sendiri-sendiri yang kompleks. kadang baik, kadang tidak baik. atau diluar tampak tidak baik namun kenyataannya tidak. dan bisa juga menipu dengan tampilan luarnya yang menawan.

ketika masih sekolah di Bengkulu dulu, saya berpikir akan merubah sifat saya apabila sudah masuk ke perguruantinggi. dengan didukung wilayah baru, teman semuanya serba baru. tak ada kenalan sanak famili yang bisa dimintai tolong oleh keluarga dirumah ketika saya sakit. tapi saya salah, terlalu naif bagi saya untuk cepat menyimpulkannya.

saya lebih suka menyendiri ketika ada masalah. hari ini saja mungkin ada 7 jam an saya tiduran di kasur untuk menghilangkan masalah itu dari pikiran. dari sekedar tiduran saja, baca buku, atau mencoba mengalihkannya dengan dota. tapi sebenarnya masalahnya sepele, orang pun gak tahu saya kenapa dan apa masalah saya. namun sangat mengganjal di pikiran saya saat ini. banyak spekulasi kemungkinan yang membuat saya tambah pusing untuk memikirkannya. singkatnya penyebabnya itu kalo kata orang kekinian baper namanya.

sial. sampai sekarang masih terpikir. saat seperti ini yang membuat saya jadi kangen rumah. menatap foto figura 3R yang dibingkai itu rasanya belum cukup untuk mengobatinya. ujkbgbyjhkgcdfxgszaqdsxzFGCHBNJM,.

Wednesday, October 5, 2016

update lagi

Abdian
kesibukan yang saya hadapi membuat saya sedikit sombong dengan sobat online ku ini. sebenarnya banyak yang dapat diceritakan. tapi karena kurangnya waktu dan mood, beberapa cerita itu cukup dikenang dalam ingatan saja.

ini nih file follower nya

Thursday, August 25, 2016

Karena Kita Mencintai ...

Abdian
Apabila ’Aku mencintaimu karena Dikau mencintaiku’,
maka Cintamu menjadi semata-mata seperti reaksi transaksi timbal balik,
seperti seseorang sedang berjualan
dan yang satunya sedang membeli di hiruk pikuk sebuah pasar.

Dan Cintamu bukanlah lagi sebuah ’cinta yang sakral tanpa syarat’
Akan tetapi lebih menjadi hal lumrah yang murah
dan diperoleh dengan sangat mudah.

Mencintai tidak mengenal meminta balasan
ataupun segala bentuk imbalan apapun sebagai balasannya;
atau bahkan tidak merasakan perasaan bahwa Engkau sedang memberi sesuatu –
karena perasaan memberi akan membuatmu menunggu balasan,
apapun bentuknya
walau sekedar ungkapan terimakasih atas pemberianmu,

Mencintai lebih dari memberi sesuatu,
Ketika Engkau mencintai
Engkau berbagi bagian kehidupanmu yang terindah

Karena:
’Mencintai membuat Dirimu menjadi insan yang bebas’
Memberi tanpa ikatan dan keterlekatan
yang menanti balasan,
menunggu pamrih apapun,
maupun menunggu jawaban:
’Aku juga cinta Kamu.’
(Terjemahan bebas ’What is Love’ by J. Khrisnamurti.oleh Emmy LD)

Dikutip dari sebuah email yang masuk ke inbox 

Tuesday, August 9, 2016

Halo Payakumbuh, Its me #trip-3

Abdian
Cerita tentang trip ketiga liburan ini dimulai..

trip kali ini berawal dari fikri yang mengajak jalan melalui chat wa. seorang abdian ketika mendapati sebuah undangan jarang sekali untuk dia tolak. ya, ajakan tersebut saya iya kan walaupun dia bilang kami pakai motor dan anak cewek di mobil dalam perjalanan pergi 4 jam an, tetap saya iyakan. Dan wow, saya akan jalan-jalan lagi.

Seperti yang saya ceritakan di postingan saya sebelumnya pada trip-1. kali ini kami akan pergi ke payakumbuh lagi dan bukit tinggi. ketika pergi ke tempat da nofal di payakumbuh itu, kami belum sempat untuk pergi ketempat wisata yang ada disana. alasanya karena kurangnya waktu dan sampai di payakumbuh saja waktu itu sudah hampir ashar. ya, kami kemarin banyak berhenti.


and the time has come...

Monday, August 8, 2016

Painan dan Anak-Anak Bengkulu #trip-2

Abdian
HALOOOOO..


DIpostingan ini saya akan mencoba menceritakan tentang trip saya yang kedua dalam beberapa hari ini. cerita ini bisa dikatakan sedikit telat diceritakan karena terjadi 3 hari yang lalu. tetapi bak kata orang bijak, biarlah telat daripada tidak sama sekali #paansih.

Hari itu merupakan hari mencuci saya. tumpukan pakaian yang sudah memnuhi ember besar itu telah saya rendam dan tinggal menunggu untuk di bilas. piring kotor, serta lantai kos juga sudah saya bersihkan. ya hari itu saya rajin. hahah planing untuk apa yang dilakukan dilabor sudah saya persiapkan. ya, kalau tidak salah saya ingin mengurus blog saya lagi dengan menggunakan wifi labor. ketika jam menunjukkan jam 11 seperempat, saya membuka (saya jarang baca pesan kalau lagi ada kesibukan). dan waktu itu saya melihat pesan di linedari kawan bengkulu. dia mengajak saya untuk jalan-jalan, dan dia katakan pergi sekarang. cucian belum dibilas, perut tak terisi, ditambah lagi saya belum mandi saya mengiyakan ajakannya.

jam setengah 12 lewat saya pergi ke tempat kontrakan mereka. tujuan kami waktu itu ke jembatan akar di painan, kira-kira 2 jam dari kota padang. dalam pikiranku mereka sudah siap untuk berangkat dan hanya tinggal menungguku. sesampainya disana betapa terkejutnya saya ketika melihat mereka lagi bersantai-santai (untung mereka sudah mandi). dan akhirnya saya izin untuk makan terlebih dahulu karena saya yakin perjalanan ini akan jauh dan mungkin saya tidak akan kuat apabila tidak makan. oh saya, yang mengajak itu gunawan dan juga ada irfan, teman smp saya dulu yang main ke padang. ya mereka berdua ini dulu teman pramuka saya ketika sma. dan untuk irfan, dia yang mengenalkan saya dengan blog dan juga pramuka. ya,waktu smp kelas 2 saya pertama kali masuk pramuka karena ditemani dia.


Wednesday, August 3, 2016

Aku dan Jam Gadang #Trip-1

Abdian
Pukul 23 lewat 5 saya mencoba memulai menulis tentang cerita beberapa hari ini. kupikir sayang jika tidak dimasukkan dalam sobat kecilku ini. walaupun keadaan tubuh memang letih semua, iringan musik mp3 dilaptop membuatku bersemangat.

seminggu terakhir ini banyak yang sudah terjadi. hari-hari saya dipenuhi oleh agenda jalan-jalan dan juga diselingi istirahat seharian, kelabor, rapat angkatan dan masih banyak yang lainnya. seperti hari sabtu kemarin saja saya mendapat pengalaman yang menarik ketika pergi ke payakumbuh untuk memenuhi undangan nikahan abangnya da nofal. ya sesuatu yang baru pertama kali saya lihat.

waktu itu kami para anggota labor eldi berencana pergi ke payakumbuh dengan mobil ade. jumlah kami terhitung banyak untuk ukuran satu mobil xenia. dari padang saja kami ada ber 9 orang didalam mobil itu, yang berarti ada 1 baris yang duduk sampai 4 orang, mobil xenia. dan ketika sampai padang panjang, ditambah lagi 1 muatan hingga akhirnya mencapai 10 orang. muat, tetapi tabah saja menahan sempitnya ruang gerak.

sesampainya di payakumbuh, kami disambut oleh da nofal. walaupun sudah sampai, kami belum masuk kedalam, kami masih menunggu aiqi karena hadiah pernikahannya ada sama dia (atau menunggu hadiahnya?). Ketika dia sampai, kami masuk, bersalaman dengan orang tua da nofal, kemudian mengambil hidangan yang sudah disiapkan (baru sampai langsung makan aja. hahah). disana saya menyadari ada hal yang aneh. waktu selesai makan, saya mendengar percakapan anak kecil sesamanya dengan bahasa sekitar (minang payakumbuh). terus terang, saya tidak mengerti apa yang mereka katakan. astaga, apa artinya, saya tidak tau. dari situ saya sadar, jika disini beda dan seperti itu. berarti di daerah lain juga punya ciri khas sendiri, walaupun sama-sama dalam rumpun bahasa minang.

Semoga SAMAWA da


Lalu dari payakumbuh kami menuju perjalanan pulang...

saat diperjalanan saya pikir mobil ini akan langsung kepadang. tetapi didalam mobil ada yang bilang kalo saya belum pernah ke jam gadang di bukit tinggi. ya memang benar, saya belum pernah. saya hanya pernah melihat dari foto dan membaca sejarah tentang jam itu saja. tapi dari percakapan disana, saya tidak tau kalau mobil ini akan mengarah kesana. namun akhirnya mobil memang mengarah ke arah sana, dan ketika saya melihat jamnya dari kejauhan, saya terpesona :D 

Dalam pikiran saya selama ini, jam gadang itu berada di sebuah bukit, jauh dari keramaian, dan di pinggir kota. ternyata semuanya salah, jam gadang ternyata pusat 0km nya kota bukit tinggi, dikeliling oleh toko kecil maupun besar, dan juga selalu ramai dikunjungi wisatawan. dan akhirnya saya melihat jam itu. :D terimakasih ke anggota eldi yang telah mewujudkan impian itu. sempat berpikir untuk ngetrip sendiri kesana (serius loh, sedih ya). 

foto-fotonya besok ya. fakir kuota ini :(

Ceritanya lanjut di pos berikutnya ya.





Thursday, July 28, 2016

Jalan-Jalan Sore..

Abdian
2 hari berlalu dari kejadian yang ingin diceritakan. ya, 2 hari yang lalu saya bersama teman pergi menonton film rudy disalah satu bioskop di padang. sesuatu rencana yang tidak hanya menjadi wacana saja.

Setelah di pos sebelumnya saya pernah bilang sudah menamatkan bukunya Rudy dari Gina S. Noer yang enjadi inspirasi pembuatan filmnya. kini terasa lengkap karena saya sudah selesai menonton filmnya. ya baru kesampaian menonton. padahal ketika di Bengkulu kemarin ada bioskop 21 yang lagi menayangkan film tersebut. tetapi tidak sempat nonton (red: malas nonton sendiri ). dan akhirnya kesampaian juga...

Jadi karena saya sudah pernah membaca bukunya otomatis saya mengingat kisahnya dan menhubungkan apa yang ada dibuku dan yang ada di film. memang sih ada beberapa adegan film yang saya rasa tak sesuai dengan cerita dibuku. mungkin itu sengaja agar filmnya lebih dramatis dan lebih menarik untuk ditonton.contohnya saja seperti ketika rudy memberikan surat ajakan makan mala kepada ayu, yang dapat dilihat dari ekspresinya membuat ayu ke geeran. seingat saya dibuku tidak ada seperti itu. dan bisa saja karakter ayu difilm tersebut dibuat untuk menyeimbangkan cerita karena Rudy pada filmnya menyukai Ilona.
ngomong-ngomong soal Ayu ini, awal-awal sempat bingung tokoh siapa ini di buku. namun ketika ditengah film. ketika saya melihat orang yang terus bersama ayu (sugeng) memanggil ayu dengan panggilan ndoro, baru saya ngeh bahwa itu tokoh yang itu, yang dibuku. saya ingat karena dibukunya Rudy sering mengunjungi tempat tinggal ayu apabila tidak ada makanan (karena dirumah ayu banyak makanan). nah ketika Rudy sampai, dia melihat sugeng duduk dilantai dan seketika saja berbicara "kenapa kamu duduk dilantai?". pertanyaan itu ternyata membuat canggung ayu dan sugeng. Lalu diluar sugeng berkata bahwa ayu mempunyai darah kerajaan dan dia darah pelayan kerajaan. walaupun sama-sama kuliah dijerman tetapi dia tetap harus melayani si ayu ini. Nama di novelnya panjang, saya tidak ingat.

Dari segi cerita, film ini layak diacungi jempol karena memang hasilnya sangat memuaskan sekali. ada banyak konflik yang membuat cerita semakin menarik. yang paling sedih menurut saya ketika adegan bapaknya meninggal dalam sujud terakhir. sesuai dengan dibuku bapak beliau meninggal dalam keadaan sholat ketika mengimami keluarganya sholat maghrib. seketika tangis pecah dan membuat semua anggota keluarga histeris. 

sayang bukunya saya tinggal di Bengkulu. ada beberapa bagian yang saya lupa yang sebenarnya ingin saya baca kembali. tetapi secara keseluruhan, buku maupun filmnya memang sama-sama bagus sekali. tidak sabar untuk melihat lanjutannya. heheh

oh ya, waktu itu kami menonton jam 18:45. waktu itu kami niat nonton sore tetapi ternyata terlambat. dan loket pembelian tiketnya baru buka kembali jam 5 sore yang mana waktu itu jam 4 sore lewat 20. akhirnya saya menyarankan untuk mencoba pergi ke Musuem Adityawarman dan melihat tugu gempa. dan tenryata musuemnya tutup pukul 16:00. tetapi kami diberikan izin oleh petugas pos untuk berkeliling taman karena buka sampai jam 6 sore. akhirnya kami kesana, melihat pemandangan disekitar sana. dan melihat bangunan musuem yang sedang ditutup. waktu disana saya sempat mecoba mengabadikan beberapa foto tempat disana.
Musuem Adityawarman

Sunday, July 17, 2016

Book, Journey, Life!

Abdian
Membaca memang seperti sesuatu yang adiktif, yang apabila engkau telah menyukainya, kau akan tenggelam dalam lamunan paragraf sastra. 

Kalimat diatas hanyalah sebagian kecil yang menggambarkan keindahan membaca. Kebetulan saya memang suka membaca. sedari kecil saya suka membaca komik dan juga cerpen anak-anak di surat kabar lokal mingguan. 




Saturday, July 9, 2016

Lebaran Alhamdulillah..

Abdian
yosh!! kembali lagi dengan saya dihari keempat lebaran. setelah sebelumnya sempat mudik ke tempat nenek di talo (tanah abang) dan di seginim dan sampai lagi dihari ketiga lebaran.

sebelumnya saya mau ceritain sedikit dulu kerjaan selama liburan ini sebelum lebaran. jadi saya sudah sempat reunian di acara buka puasa bersama dengan teman kelas sma dulu, citos. dan juga saya mengisi waktu dengan membaca buku yang belum lama saya beli. buku itu dijadikan inspirasi dalam pembuatan film masa mudanya seorang insinyur pesawat terbang yang juga mantan presiden RI yang ke-3, yakni pak B.J Habibie. ya buku itu berjudul Rudy, yang mana judul filmnya hampir-hampir mirip lah. padahal filmnya lagi tayang dibioskop sekarang tapi malah baca buku. ya soalnya buku enak kalo dinikmatin sendiri, kalo film kagak :v
Biru Merah emang keren ya. 

beberap hari yang lalu juga saya sempat merapikan posisi buku di rak buku saya. beberapa yang saya rasa muat saya letakkan di lemari kaca di meja belajar. sisanya di rak buku disebelahnya. dan juga sempat membongkar dan membereskan barang lama. alhasil ketemu kenangan lama ini.

Saturday, July 2, 2016

Pulang!

Abdian

hai!!!
malam ini saya mengetik tulisan ini dalam kamar tercinta saya. ya kamar tercinta yang berarti saya sudah pulang kerumah. setelah lebih 2 minggu berjuang mengisi liburan dengan kegiatan di labor tercinta. akhirnya tibalah masa libur bagi kami. :D

Tiket pulang sudah saya pesan jauh-jauh hari untuk tanggal 30 juni kemarin. kalo tidak salah dipesan tanggal 21. ya hal itu dilakukan karena mengingat ini masanya mudik lebaran. penumpang pasti rame dan hampir gak tercukupi. kalo gak cepat-cepat ambil kursi ya resikonya gak dapat. heheh dan ternyata benar, ketika dalam perjalanan saja sekitar 3 orangan duduk di kursi tambahan untuk pulang ketujuannya. disebut kursi tambahan karena memang bukan kursi bus yang seharusnya. kursinya berupa kursi kecil yang dipakai untuk duduk saja. tanpa sandaran, hanya untuk duduk.

Friday, June 17, 2016

Hai Sang Pagi, Kenapa Engkau Dingin Sekali?

Abdian


Pagi yang dingin di kota padang.

sudah berjam-jam hujan terus mengguyur tanah ini. jika saya tidak salah ingat, hujan mulai turun dari menjelang sore kemarin. dan sampai larut malam kemarin pun masih mengguyur dengan lebatnya. tak cukup sampai disitu, sampai pagi ini hujan tetap turun dengan intensitas yang cukup deras. keadaan langit kota gelap kelabu. tak ada tanda-tanda bahwa tabir hitam ini akan segera pergi meninggalkan kami.

Beberapa hari ini memang cuacanya kurang bersahabat. air di kamar mandi terasa dingin sekali dan lantai juga dingin ketika dipijak. apa ini juga termasuk fenomena anomali cuaca? entahlah, saya tak ahli dalam hal itu. yang saya tahu cuaca saat ini memang tak seperti yang biasanya.

sebagian wilayah kota padang juga sudah terendam banjir loh. ya diarah kota sana beberapa aktivitas warga yang saya lihat dari berita lumpuh dikarenakan hujan ini. kalau disini, di wilayah kampus memang tidak terlalu parah. tetapi ada juga tempat tinggal yang sudah terendam banjir. wajar saja terjadi hal seperti itu karena memang hujannya sangat lamaaa sekali.

keadaan ini juga diperparah dengan pedaman bergilir yang dilakukan PLN. yaa, saat ini kondisnya hujan dan juga mati lampu. sebuah keadaan yang cocok untuk malas-malasan di kamar :D

Tuesday, June 14, 2016

Beruntungnya Saya tinggal di Bengkulu

Abdian

sudah 3 hari ini saya melaksanakan ibadah puasa tidak dirumah, tidak dengan keluarga, bahkan tidak di kampung halaman. ya, saat ini saya pergi kembali menuju tanah perantauan, tanah minangkabau.

kemarin pagi saya sampai dipadang jam 5 pagi. disana saya turun dari bis di wilayah simpang haru yang nantinya saya teruskan dengan angkot menuju arah kampus. sesampainya di simpang pasar baru saya lanjutkan dengan menyewa ojek. walaupun sebenarnya bisa berjalan kaki sekitar 10 menit tetapi terasa juga karena sudah capek dan saya membawa koper berukuran sedang. sesampainya dikos tak banyak yang saya lakukan. istirahat sejenak kemudian membereskan kamar sedikit.

siang harinya saya mengganti oli motor yang rasanya sudah waktunya untuk diganti. sebetulnya saya bisa pergi kelabor siang itu tetapi saya masukkan motor ke bengkel sekalian untuk di servis jadinya sekitar jam 4 kurang motor baru selesai dikerjakan. memasuki jam 4, saya pergi ke bengkel untuk mengambil motor lalu pergi ke arah kota untuk mengambil stnk motor yang sudah saya tinggalkan kurang lebih 3 minggu untuk diurus perpanjangan stnk nya.

ada yang menarik dari perjalanan saya menuju tempat showroom motor dimana saya titipkan stnk motor saya. pada saat hampir sampai di simpang 4 bypass atau simpang ketaping orang sering memanggilnya. jalanan terlihat sangat macet. ya saya tidak berlebihan tapi itu memang sangat macet dan membuat lalu lintas menjadi sangat padat. padahal kondisi jalan di keempat jalan tersebut semuanya lebar mempunyai 4 jalur dengan marka jalan ditengahnya. kondisi macet saat itu saya hitung kurang lebih 500 meter dari lampu merah. ketika saya berkendara kemarin terasa sangat tidak enak harus berhadapan dengan kondisi yang seperti ini. laluketika saya sampai di persimpangan, terlihat truk yang besar tampak melintang ditengah simpang tersebut dengan kondisi susah bergerak. tak heran jika kemacetan bisa sepanjang itu. ya memang, jalan bypass itu memang tempat lalu lalangnya truk-truk yang berukurang besar bahkan sangat besar yang jarang ditemui di Bengkulu.

kemacetan di padang memang tidak terjadi kemarin saja. bahkan hampir setiap hari lalu lintas kota padang mengalami kemacetan. bahkan di sekitar wilayah mahasiswa (pasar baru) saja kadang sering macet. kalau di Bengkulu macet itu hanya terjadi di hari-hari penting saja, bukan hari biasa. ya kalau hari penting seperti tahun baru, dll rasanya semua wilayah pasti macet. maka dari itu aku selalu bilang ke orang tua, beruntung punya kampung halaman kota kecil seperti bengkulu ini. lalu lintasnya enak, pengen nyantai naik motor boleh. itu yang membaut saya selalu kangen dengan kota itu.

ya begitulah cerita saya 3 hari ini. tak banyak cerita bermanfaat yang dapat diberikan. niat bercerita karena tanggung sudah buka blog dan barusan juga sudah mengupdate header blognya :P seperti biasa, tak pandai desain. hehehe dah

*waktu kemacetan itu tidak sempat saya foto karena hape tinggal....

Monday, June 6, 2016

Jumpa Pertama Puasa

Abdian
Halo, sudah lama sekali rasanya blog ini tidak diupdate. terakhir kali dicoret waktu lagi senang-senangnya diterima jadi asisten labor. dan sampai sekarangini terhitung sudah 3 bulan lebih saya menjalani hidup dikampus sebagai asisten.

ada suka dukanya juga selama menjadi asisten. oh ya, laboratorium yang saya masuki itu berkisar seputar elektronika, namanya Laboratorium Elektronika Digital atau bisa disebut dengan labor eldi. jadi selama menjadi asisten sudah lumayan banyak ilmu yang kami dapat, baik itu dari uda2 dan uni2 ataupun sharing dengan teman-teman (walau dibilang banyak belum tentu banyak benar ya, soalnya masih sangaaat banyak ilmu yang belum kami dapati :D). ya lanjut, selama disana kami mempelajari cara mendesain papan pcb melalui software, kemudian mencetaknya dipapan tersebut yang kemudian komponennya dirangkai sampai barang itu jadi. kenapa dibilang gitu, karena beberapa kondisi entah itu kesalahan pengerjaan atau apa hasil dari pembuatan kami kadang ada yang tidak jalan (termasuk saya sendiri :P). tapi walaupun demikian, semua papan berhasil hidup yang tentunya dibantu oleh tutor yang tidak diragukan lagi keahliannya.

tidak sampai disitu saja. kami juga sudah mengawas praktikum mikro. praktikum itu diadakan untuk yang telah mengambil mata kuliah mikroprosessor yang angkatan 14 masih bersifat sedang mengambil. disana banyak pengalaman baru yang didapat, mulai dari ilmu tentang mikroprosesor yang harus dibekali sehingga siap untuk menjelaskan ke praktikan. ilmu cara berbicara didepan orang yang mulai terasah dan masih banyak lain. tetapi ada satu yang saya baru tahu ketika sudah menjadi asisten dan mengawas praktikum. ternyata mengawas praktikum itu digaji oleh jurusan loh (wow). yah walaupun tidak terlalu besar tapi lumayanlah. hahah

oke, cukup sampai disitu flashbacknya. saat ini hari pertama puasa dimulai. tidak seperti tahun lalu yang mana puasa pertama harus saya lalui diperantauan. ya karena waktu itu kami masih dalam masa ujian akhir semester dan seminggu setelah itu baru berakhir. tapi walaupun demikian, belum tentu saya dapat libur banyak loh. ada kewajiban yang menunggu didepan sana. ya, tanggal 12 nanti saya pergi lagi kepadang untuk pelatihan robot di labor. Hal itu sudah dilakukan oleh kakak tingkat dari tahun sebelumnya. jadi selama libur kami melakukan riset pelatihan untuk bekal mengadakan pengabdian masyarakat di sekolah nanti. seperti kata orang bijak, hidup itu butuh pengorbanan dan pengorbanan tidak akan mengkhianati hasilnya. tapi kalo lebaran hampir tiba, saya pulang algi kebengkulu. gak kebayang kalo lebaran ditanah orang tanpa keluarga satupun :'(

cukup dulu sampai disana, doakan saja blog ini update terus dan tidak berdebu nantinya.

Wednesday, February 24, 2016

we are ELDI's team

Abdian

Seminggu terakhir ini saya menghabisi waktu dengan kuliah yang lumayan sibuk sembari diselingi membaca novel. ya yang seperti saya sebutkan tempo hari yang dulu dulu bahwa hobi saya membaca dan salah satunya membaca novel. Dalam beberapa hari ini saya telah menamatkan 2 novel yakni novel dengan judul Pulang karya Tere Liye dan juga Lembah Ketakuan dari sir arthur conan doyle yang sudah kita tahu itu merupakan novel seri sherlock holmes. tapi walau demikian, saya sekarang tidak akan membicarakan kedua novel itu lebih dalam.

Thursday, February 4, 2016

Potensi Pariwisata Bengkulu

Abdian
Bengkulu merupakan sebuah provinsi yang terletak di bagian Barat Daya Pulau Sumatera yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia dengan garis pantai sepanjang 525 km. Sebagian wilayahnya merupakan daerah yang berbukit-bukit yang merupakan bagian dari bukit barisan yang membentang di sepanjang Pulau Sumatera. Ibukota dari Pronvinsi Bengkulu yaitu Kota Bengkulu.

Pantai Panjang gan...
Salah satu potensi yang dimiliki Provinsi Bengkulu yakni di bidang pariwisata. Terdapat banyak objek wisata yang terdapat di Bengkulu dengan beragam pilihan, baik itu yang sudah tersedia dari alam maupun peninggalan sejarah buatan manusia. Objek wisata saat ini sudah menjadi perhatian Pemerintah Provinsi maupun ketingkat kota dan kabupaten. Salah satu bentuk nyata keseriusan pemerintah dalam mengembangkan potensi ini yakni dapat dilihat pada tahun 2010 ketika berlangsungnya MTQ Nasional di Bengkulu, Gubernur Bengkulu pada saat itu membuat slogan “Indahnya MTQN XXIII Indahnya Pantai Panjang” yang jika dilihat sebenarnya tidak ada hubungan yang berarti. Tetapi dengan demikian, pemerintah berhasil memperkenalkan pariwisata provinsi ke kancah nasional melalui slogan tersebut. Terlepas dari ketidak tahuan pendatang bahwa Pantai Panjang ini adalah pantai terpanjang di Indonesia.

Wednesday, February 3, 2016

90

Abdian
beberapa hari ini saya terlalu menyibukkan diri dengan bermain dragon nest. leveling demi mencapai level cap 90 sungguh menyita waktu. dan seperti yang saya bilang sebelumnya, saya mulai bermain lagi 8 hari yang lalu ya hari selasa minggu lalu. dan mulai saat itu perjalanan perjuangan saya dimulai.

Hari ini seminggu lebih sehari telah berlalu dan saya umumkan char saya sudah mencapai level 90 :D dimana main quest masih pada level 75 an. ya saya cepat menaikkan level karena dapat buff exp dari event returnee dan exp dari guild. dan untuk saat ini agenda saya akan mencari gold yang banyak, meingkatkan skill secondary dan pastinya tidak lupa waktu seperti leveling dahulu. semangat!!!

Monday, February 1, 2016

Kegandrungan Game Dragon Nest

Abdian
Sebenarnya game ini sudah lama saya kenal dan saya mainkan. ketika SMA saya sempat memainkan game online ini di server INA tetapi tidak bertahan lama cuma sampai level 28 kalo tidak salah dan saat itu cap level (level maks char) baru sebatas level 50. Dan ketika libur setelah UN sebelum persiapan SBMPTN, saya sempat memainkan dragon nest kembali sampai level 50 atau 60 an tetapi dengan server yang berbeda, ya server SEA.

saya kembali bermain ketika kuliah ini dari bulan oktober kemarin, tentunya dengan id baru karena id lama kemaren lupa kombinasi id dan pw nya dan ditambah lagi sistem pengamanan gemscool yang sangat berbelit-belit. tetapi ketika bermain hanya sampai level 32 dengan job sorceress, job yang saya pikir bakalan mengasyikkan tetapi ternyata susah untuk dimainkan secara solo player. dan juga saya baru sadar ketika level 32 saya salah server dan akhirnya pensi sementara untuk saat itu. dan pada akhirnya saya kembali bermain mulai enam hari yang lalu setelah mendapatkan event returnee dari gemscool yang mana mendapatkan exp 150% dalam dgn yang itu sangat wow sekali dalam leveling karakter.

Friday, January 29, 2016

Cerita Fantasy Music

Abdian
selamat malam, cuaca kota padang saat ini sangat cocok untuk berdiam diri dikamar sembari menulis beberapa tulisan. ya beberapa hari ini cuaca disini memang panas sekali sampai-sampai ketika malam hari pun masih terasa hawa panasnya. ya maklumnya lah kamar saya ini ketika siang harinya memang langsung terkena sinar matahari.

kali ini saya akan bercerita mengenai genre musik yang baru saya temui ketika liburan kemarin. sebenarnya bingung juga mau menamakan apa jenis musiknya jika diartikan dalam bahasa indonesia tapi yang jelas ini sekitaran musik dengan hanya menyajikan instrumen saja tapi gak semuanya juga ya. saya ketahui jenis musik ini pertama kali melalui video dota yang mana pada deskripsinya ada link menuju musik yang dipakai. ya yang namanya penasaran langsung dicari yang versi fullnya dan ketika dapat, saya langsung jatuh cinta dengan chanel youtubenya. genre musik ini yakni fantasy/folk music.

nama jenis ini terkesan menarik karena alunan musiknya memang terdengar seperti musik zaman dulu tapi modern. ketika mendengar musik ini, saya terkenang akan game-game RPG yang sering menggunakan musik instrumental seperti ini. oh ya sampai lupa, chanel youtubenya itu namanya Vindsvept dan disana kita juga bisa mendownload file mp3nya dan dibagikan secara gratis oleh pembuatnya. Dan juga dari informasi yang saya dapat dari membaca komentar-komentarnya, ternyata si komposer ini hanya bekerja sendiri *mungkin juga dibantu* sehingga menghasilkan karya yang begitu mengesankan bagi saya. penasaran kah? ini saya kasih video salah satu judul kesukaan saya.


saya dari dulu memang suka mendengarkan musik instrumental, apalagi musik dari chanel ini memang terkesan wah seperti alunan orkestra seperti biasanya. musik dari chanel ini juga sering dipakai youtuber lain untuk dijadikan BGM proyek video mereka. tapi walaupun demikian, mesti tetap bertanggung jawab dengan menyertakan link asli video pada deskripsinya.

demikianlah sedikit berbagi dari saya, ketika saya mengakhiri tulisan ini saya sedang mendengarkan musiknya si Vindsvept ini dengan judul In Honour of The King.

*sedikit catatan: dibeberapa judul lain memang ada vokalnya, mungkin kurang tepat juga saya sebut musik instrumental. tapi saya tetap suka dengan genre musiknya yang diberi nama fantasy music

Saturday, January 23, 2016

Pergi

Abdian
sebulan telah berlalu sejak saya menginjakkan kaki kembali dibengkulu untuk liburan. hari-hari dimana saya menghabiskan waktu untuk quality time dengan keluarga dan bermain game akan saya tinggalkan sejenak. ya, hari ini saya akan pergi kembali ketanah perantauan, ranah minang, menuju dunia perkuliahan kembali, yang mana seharusnya minggu ini sudah mulai proses perkuliahan.

Dalam minggu ini banyak yang saya lalui karena meliburkan diri seminggu. seperti pelatihan arduino dan pertemuan OR saya lewati karena memang diri tidak bisa hadir. Tapi bagiku berkumpul bersama keluarga lebih lama lebih membuatku puas ketimbang menghadiri acara itu, selama itu masih bisa kan.

seperti yang saya katakan sebelumnya, hari ini saya akan berangkat ke padang kembali untuk belajar. lama masa perkuliahan ini sekitar 4 bulan dimana pada jadwal kalender akademik tanggal 27 mei sudah selesai uas seharusnya. oke tidak apa, mari tinggalkan zona nyaman sejenak dan saya akan berusaha untuk lebih baik lagi dari semester sebelumnya.

Wednesday, January 6, 2016

Target yang Tertunda

Abdian
Hari ini seharusnya portal akademik sudah bisa mengisi KRS untuk semester genap. namun saat ini belum ada tanda-tanda bahwa krs akan segera bisa diisi. apakah itu gangguan teknis dari server atau kebelumsiapan dari pihak kampus untuk membukanya. tapi yang jelas hari ini sudah jadwal yang seharusnya.

selama liburan saya sering menghabiskan waktu bermain dota. ketika sebelum libur , saya sudah membuat target akan menaikkan MMR menjadi 2,2K dimana mmr saya saat ini sekitar 1,8k. kalian tau, ketika pertama kali mendapat poin mmr saya masih teringat hanya mendapat 800. kecil sekali karena waktu itu saya belum tau kalau saat TBD atau penhitungan nilai awal mmr gpm maupun xpm harus tinggi dalam 10 pertandingan tersebut. pernah teman mengusulkan untuk membuat id baru karena menaikkan itu terasa susah sekali. ya memang benar, beberapa hari yang lalu saya sempat mencapai target saya dengan hanya membutuhkan 2 kali kemenangan lagi. namun nasib berkata lain, saya cukup banyak menelan kekalahan dan rela kehilangan 300 lebih poin yang kalo didapatkan lumayan terasa berat juga.

saya ingat alasan utama saya mengalami kekalahan itu karena kurangnya teamwork. bagaimana tidak, dari awal saja teman satu tim tidak percaya kepada rekan timnya dan berbicara 'sampah' yang seharusnya tidak diperlukan. untuk saya sendiri, mood bermain saya agak sedikit berkurang ketika melihat trashtalk tersebut walaupun tujuannya bukan kepada saya. ditambah lagi saya hanya bisa bermain ketika sedang libur semesteran. ketika saya dalam masa kuliah, yang berarti saya lagi merantau ke padang, saya jarang bermain dota online dan kalaupun ngebet pengen main, saya pergi kewarnet dan itupun disaat waktu yang tidak sibuk. ya paling tidak masih bisa bermain off di kos, tidak apa melawan bot saja.

untuk waktu sekarang, masih tersisa 2 minggu kurang lagi liburan semester ganjil ini. mungkin saya akan tetap mencoba mengejar target walaupun telihat susah untuk sekarang ini.

Tuesday, January 5, 2016

Posting Perdana 2016

Abdian
ini posting pertama saya ditahun 2016 ini. saat ini saya masih dalam masa liburan kuliah. ya menimkmati liburan dengan memuaskan hasrat bermain dota dan menyibukkan dengan kesibukan yang lainnya. dan kemarin saya sempat merombak tampilan blog ini dengan tampilan yang minimalis. saya suka tampila yang sekarang dan saya harap pengunjung yang melihat juga suka. terimakasih