Blog Baru, Domain Baru!!! #1

Sunday, July 08, 2012

Saya baru saja menyelesaikan semua registrasi domain yang saya pesan spesial untuk blog ini. Tapi, enggak seperti biasanya. Karena saya mesan yang domain indonesia yaitu .id. jadi registrasiny gak seperti yang sebelum-sebelumnya ketika saya memesan domain .com dan .org. Ada tahap yang bikin aku agak kesal, ditahap tersebut aku diharuskan untuk mengirim scan/foto KTP, SIM, ataupun paspor. Udah jelaskan kenapa aku kesal? benar, alasannya karena saya belum punya semua itu. saya belum 17 tahun dan belum pernah ke luar negeri -___-. Pada saat saya memberikan saran agar mengirim kartu pelajar saja, abang yang bantu saya di idwebhost masih ngotot kalau harus salah satu di antara 3 pilihan itu, yah mungkin karena memang sudah ada ketentuan ya.

Akhirnya dengan usul dari abang tersebut, dia menyuruhku untuk memakai KTP orang tua saja, dan itu sah. yah, pada akhirnya saya pinjam KTP ortu, saya foto, terus dikirim, terus nunggu konfirmasi. etdah, ternyata ditolak foto yang pertama saya kirim, alasannya karena fotonya agak buram. Sudah kesal lagi, untuk kali keduanya saya mengirim foto. saya mengirim langsung 2 foto (KTP) sekaligus, karena malas ngirim untuk yang ketiga kalinya hehehehe. Ternyata salah satu di antara foto tersebut dipilih untuk didaftarkan di PANDI/DEPKOMINFO.

Dan aku baru sadar sekarang dan berpikir. Aturan untuk memakai barang negara sendiri saja repot amat, beda sama aturan kalo kita membeli domain global seperti .com, .org, dan .net yang prosesnya lebih pendek daripada yang berlabel .id. Kalo seperti itu mah, pantasan orang-orang banyak yang beralih ke produk luar negeri ketimbang memakai yang berlabel negara sendiri. (emang apa hubungannya -__-)

Sekilas Info
  • Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (disingkat PANDI) adalah sebuah badan hukum yang memiliki wewenang untuk mengatur pengelolaan domain .id. PANDI dibentuk oleh perwakilan dari komunitas teknologi informasi Indonesia dan mendapatkan persetujuan sebagai penerima mandat dari pengelola domain tingkat tinggi (dunia) ICANN (internet for Assigned Name and Number).

You Might Also Like

0 komentar

Followers

My Photo